Advertise

Senin, 30 Agustus 2010

Study Visit



PROGRAM
STUDI VISIT MGMP IPA KABUPATEN JOMBANG

KE SMP NEGERI 5 MALANG DAN SMP NEGERI 1 SIDOARJO

Rasional

Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan. Bila mutu pendidikan tidak baik maka guru yang menjadi sasaran pertama. Bagaimana gurunya? Ini menunjukkan bahwa masyarakat menyerahkan sepenuhnya keberhasilan pendidikan generasi muda kepada guru. Walaupun sebenarnya tidak hanya guru yang menjadi faktor penentu keberhasilan pendidikan. Dengan beban seperti itu maka peranan guru dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting. Guru sebagai sumber daya manusia dalam dunia pendidikan dituntut selalu memperbaharui kinerjanya. Dengan kata lain guru dituntut meningkatkan kualitasnya.

Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus selalu berupaya meningkatkan dan mengembangkan profesionalismenya, termasuk guru-guru IPA di Kabupaten Jombang. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan studi visit ke sekolah yang dianggap lebih baik digunakan sebagai pembanding. Dengan berbagi pertimbangan maka akahirnya SMP Negeri 5 Malang yang disetujui manjadi sekolah pilihan untuk dikunjungi dalam studi banding.

Tujuan studi visit

Untuk menambah wawasan para guru IPA di Kabupaten Jombang mengenai proses pembelajaran IPA.

Memperoleh masukan baru yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Kabupaten Jombang.

Memperoleh masukan tentang bagaimana upaya SMP Negeri 5 Malang dalam meningkatkan kinerja guru-gurunya.

Peserta mampu memilih salah satu atau lebih hasil study visit di sekolah masing-masing.

Sasaran

Yang menjadi sekolah sasaran dalam studi visit adalah:

SMP Negeri 5 Malang (SBI)

SMP Negeri 1 Sidoarjo (BERMUTU)

Materi

Metode pembelajaran IPA.

Media pembelajaran ipa.

Pengelolaan kelas.

Penilaian hasil belajar peserta didik.

Sarana prasarana yang berkaitan dengan pembelajaran ipa.

Upaya meningkatkan kinerrja guru

Output

Peserta memperoleh wawasan tentang proses pembelajaran, khusunya pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Malang.

Peserta memperoleh pengetahuan baru mengenai metode pembelajaran IPA.

Peserta memperoleh pengetahuan baru tentang media pembelajaran IPA.

Peserta memperoleh pengetahuan baru mengenai pengelolaan kelas.

Peserta memperoleh pengetahuan baru mengenai penilaian hasil belajar peserta didik.

Peserta memperoleh pengetahuan baru mengenai sarana prasarana yang berkaitan dengan pembelajaran IPA.

Peserta memperoleh gambaran bagaimana upaya meningkatkan kinerrja guru di SMP Negeri 5 Malang dan SMP Negeri 1 Sidoarjo.

Peserta engimplementasikan hasil study visit di sekolah masing-masing.

Waktu

Pelaksanaan studi banding adalah:

Hari /Tanggal : Sabtu, 18 Desember 2010

Pembiayaan

1. Sumber Biaya: DBL

2. Rencana anggaran: terlampir

Mekanisme

Perencanaan Program:

tujuan, sasaran, waktu pelaksanaan, pemberitahuan baik ke Dinas Pendidikan, SMP yang akan dikunjungi serta penyiapan kisi-kisi dan instrument yang diperlukan.

Pelaksanaan study visit: di dua sekolah.

Menyusun laporan kegiatan, mencakup: latar belakang, tujuan, sasaran, materi, output, pelaksanaan kunjungan, hasil kunjungan, kesimpulan, dan saran serta menyampaikan ringkasan (abstrak) laporan hasil study visit untuk dimuat dalam journal atau media lain.

Tata Tertib Study Visit

1. Peserta berkumpul di tempat pemberangkatan pukul 06:00 wib di Alun-Alun Jombang.

2. Peserta wajib membawa instrumen untuk menjaring data.

3. Peserta wajib menggali dan mencatat data secara lengkap dari SMP yang dikunjungi.

4. Peserta wajib mengumpulkan dokumen yang diperlukan sebagai kelengkapan study visit.

Tata Tertib Tindak lanjut Study Visit

1. Peserta wajib membuat laporan hasil study visit

2. Memperbaiki program serta pelaksanaan kegiatan di MGMP.

Peserta wajib memperbaiki pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, sebagai implementasi hasil study visit.

0 komentar

Posting Komentar