Advertise

Senin, 30 Agustus 2010

Proposal Bermutu Th. 2010

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan di tingkat dasar dan menengah di Kabupaten Jombang pada umumnya masih perlu ditingkatkan lagi bahkan menjadi suatu keharusan, mengingat tersedianya dukungan sumber daya pendidikan yang memadai karena ditunjang oleh adanya beberapa perguruan tinggi yang banyak diminati baik oleh masyarakat Jombang maupun dari luar wilayah Kabupaten Jombang, semisal Universitas Darul Ulum, STIKES, STKIP, UNHASY, UNIPDU serta STIE Ki Hajar Dewantara. Walaupun sudah berbagai upaya yang ditempuh baik oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang yang secara kontinyu menyelenggarakan pelatihan-pelatihan baik dalam lingkup kabupaten maupun mengirim wakil-wakil daerah untuk ketingkat provinsi maupun tingkat nasional. Begitu pula dengan berbagai LSM yang bergerak dalam bidang pendidikan sering mengadakan seminar dan workshop yang bertajuk peningkatan kompetensi para guru, hal itu bukan berarti tidak ada permasalahan pendidikan yang memerlukan perhatian.

Bukti bahwa masih terdapat masalah pendidikan di Kabupaten Jombang terutama pada kompetensi para tenaga pendidik dan kependidikan khususnya para guru IPA SMP di Kabupaten Jombang yang belum sepenuhnya melaksanakan tupoksinya, antara lain ditunjukkan bahwa pengembangan silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) masih banyak yang menunggu hasil MGMP, penyusunan penilaian hasil belajar siswa yang apa adanya (belum disusunnya bank soal (kisi-kisi dan butir soal) yang sudah dianalisis, akan mengakibatkan kurang valid serta kurang reliabelnya penilaian yang dilakukan oleh guru, lemahnya kemampuan untuk meneliti secara ilmiah dapat dilihat dari agenda mengajar guru yang hanya berisi hari tanggal topik serta siswa yang absen belum meningkat pada penulisan jurnal belajar ataupun merekamnya menjadi case study yang akan ditindak lanjuti dilakukan identifikasi masalah untuk dicarikan solusi yang tepat dari permasalahan pembelajaran dikelas dan ditulis dalam bentuk karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas.

Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan. Persoalannya adalah belum semua guru tersentuh oleh pelatihan guru terkait dengan pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang meliputi Silabus dan RPP, penyusunan penilaian hasil belajar dalam bentuk bank soal (kisi-kisi dan butir soal) yang sudah dianalisis serta belum mengarah pada guru yang “Reflective Teaching” yaitu guru yang mampu merefleksi diri dalam pelaksanaan pembelajaran yang kemudian ditindaklanjuti dengan perencanaan untuk menjawab permasalah yang dihadapi pada saat mengajar di kelas. Masih banyak guru yang belum mampu : mengembangkan silabus dan RPP yang lebih baik, menyusun kisi-kisi dan butir soal yang lebih baik sehingga belum ada bank soal, membuat jurnal belajar, melakukan kajian kritis, menulis case study, menyusun proposal dan laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebenarnya kegiatan guru di kelompok MGMP IPA SMP di Kabupaten Jombang tetap berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutor sesama guru). Walaupun sudah ada sentuhan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan maupun dari LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) akan tetapi belum dilaksanakan sepenuhnya oleh para peserta MGMP.

Terkait dengan kondisi kompetensi guru seperti digambarkan di atas, MGMP IPA SMP di Kabupaten Jombang tidak tinggal diam dan puas dengan keadaan tersebut. Kami memiliki komitmen untuk berubah maju untuk menggapai yang lebih baik. Ke depan MGMP IPA SMP di Kabupaten Jombang akan lebih memanfaatkan sumber daya yang lebih kompeten untuk meningkatkan kompetensi para peserta MGMP pada sanggar kami melalui kegiatan brainstorming, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.

Selama ini kami mendanai kegiatan MGMP dari block grant serta mandiri dari penyusunan BKS dan dana dari masing-masing sekolah peserta, dari iuran anggota dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah induk anggota yang berupa uang transport dan konsumsi. Jika harus mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber dari luar masih kekurangan dana pendukung. Oleh karena itu, MGMP IPA SMP Klaster Timur Kabupaten Jombang berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block grant) melalui program BERMUTU.

Dalam satu tahun terakhir, MGMP IPA SMP Klaster Timur Kabupaten Jombang telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok. Pada kegiatan tersebut kami masih menggunakan narasumber yang ada, yaitu sesama guru/guru senior yang dipandang lebih mampu. Karena itu, bila kami mendapatkan dana block grant program BERMUTU ini, kami akan memanfaatkannya untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan MGMP kami.

B. Tujuan

Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan MGMP IPA SMP Klaster Timur Kabupaten Jombang ini adalah sebagai berikut.

a. Secara umum untuk meningkatkan kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial para anggota dalam sanggar kami.

b. Secara khusus diharapkan anggota MGMP IPA SMP Klaster Timur dapat :

· meningkatkan kompetensi dalam hal pengembangan KTSP (Silabus dan RPP)

· penyusunan penilaian hasil belajar dalam bentuk bank soal (kisi-kisi dan butir soal) yang sudah dianalisis

· menjadi guru yang “Reflective Teaching

· menyusun jurnal belajar

· menyusun case study

· mengkaji kritis suatu penelitian

· melakukan serta melaporkan hasil penelitian tindakan kelas

C. Hasil Yang Diharapkan

Setelah kegiatan MGMP berakhir diharapkan :

a. Adanya peningkatan kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru IPA SMP Kabupaten Jombang.

b. Adanya peningkatan kompetensi guru dalam hal :

· pengembangan KTSP (Silabus dan RPP)

· penyusunan penilaian hasil belajar dalam bentuk bank soal (kisi-kisi dan butir soal) yang sudah dianalisis

· kemampuan menjadi guru yang “Reflective Teaching

· menyusun jurnal belajar

· menyusun case study

· mengkaji kritis suatu penelitian

· melakukan serta melaporkan hasil penelitian tindakan kelas


Selengkapnya download disini

1 komentar

Try Out Online 15 Januari 2013 22.27

tanks gan infonyaa



ayo gan buruan ikutin kompotisi cerdas cermat online sejawatimur seri2 gann hadiahnya cukup banyak dan pendaftaranya geratis gan

Poskan Komentar