Advertise

Senin, 30 Agustus 2010

Langkah Awal Identifikasi

Masalah yang diprihatikan guru / kepala sekolah / pengawas

Identifikasi Masalah

Analisis Masalah

Guru :

  • Hasil belajar sains selalu rendah

Kepala Sekolah :

  • Kinerja guru rendah

Pengawas Sekolah :

  • Kinerja Kepala Sekolah rendah

Contoh

Guru :

  • Kelas selalu tenang jika pelajaran sains, kelihatannya para siswa memperhatikan namun jika dilontarkan pertanyaan tidak ada satupun siswa yang berani menjawab
  • Keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang diajarkan tidak ada sama sekali, sehingga kelas menjadi pasif
  • Siswa kurang memahami materi yang disajikan, sehingga jika ada pertanyaan yang diajukan maka jawabannya kurang sesuai
  • Nilai ulangan sains tidak memuaskan, selalu di bawah rata-rata
  • Jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan siswa tidak lulus pada ujian akhir sekolah
  • Cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan cara pembelajaran lain sehingga siswa dapat terlibat aktif dan dapat memahami materi dengan baik, bukan hanya secara teoritis saja

Contoh

Guru :

  • Metode pembelajaran sains yang dilaksanakan kurang sesuai, tidak dapat mengajak siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran
  • Pembelajaran kebanyakan secara teoritis
  • Program pembelajaran kurang sesuai
  • Hasil belajar tidak memenuhi kriteria di kurikulum
  • Tidak ada alat peraga pembelajaran
  • LKS yang digunakan tidak sesuai dengan program pembelajaran
  • Penataan siswa dalam kelas kurang baik, siswa yang pandai hanya berkelompok dengan yang pandai sehingga tidak membaur
  • Guru kurang menarik saat melaksanakan pembelajaran, misal : suara kurang jelas sehingga tidak terdengar sampai siswa yang paling belakang, terlalu cepat saat menerangkan, menjawab pertanyaan siswa tidak jelas sehingga siswa semakin bingung

Masalah yang diprihatikan guru / kepala sekolah / pengawas

Identifikasi Masalah

Analisis Masalah

Kepala Sekolah :

  • Kinerja guru rendah

Pengawas Sekolah :

  • Kinerja Kepala Sekolah rendah

Kepala Sekolah :

  • Guru sering datang tidak tepat waktu atau bahkan sering ijin meninggalkan jam mengajar
  • Di kelas sering terjadi jam kosong
  • Siswa selalu gaduh di kelas, sering keluar kelas pada jam-jam pelajaran
  • Guru kurang kreatif dalam menerapkan metode pengajaran, sehingga terkesan monoton
  • Nilai siswa yang diajar tidak memuaskan

0 komentar

Poskan Komentar