Ngaji Lubabul Hadits dan Ngaji Acara Tingkepan

Advertise

Minggu, 29 Agustus 2010

Kajian Kritis Artikel

KAJIAN KRITIS ARTIKEL HASIL PENELITIAN
Oleh
..................
A. Bibliografi
Ali, Muhamad. 2005. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kelangsungan Hidup Organisme Melalui Penerapan Model Pembelajaran Elaborasi Metode PQ4R. Jurnal Pelangi Edisi: III. Jakarta
B. Tujuan Penulisan
Meningkatkan pestasi dan aktifitas belajar siswa pada pokok bahasan kelangsungan hidup organisme dan meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing siswa melalui penerapan model pembelajaran PQ4R
C. Fakta-fakta Unik
1. Permasalahan
Ulasan/Uraian
Siswa Ketrampilan siswa yang masih kurang dalam menerapkan metode ilmiah dalam pembelajaran sain khususnya mata pelajaran biologi, sehingga pada dekade (periode??) dua tahun terahir prestasi belajar siswa pada poko bahasan kelangsungan hidup organisme masih dibawah rata-rata yakni kurang dari 6,0
Guru Kurang memperhatikan karakteristik pokok bahasan dalam menerapkan model-model pembelajaran kontekstual, terutama pokok bahasan yang bersifat deklaratif dan prosedural
Pembelajaran Mengacu pada pendekatan pembelajaran ketrampilan proses, namun dalam pelaksanaannya belum maksimal

2. Teori penunjang pemecahan masalah dengan model pembelajaran elaborasi metode PQ4R
Rujukan Ulasan/uraian
Puspitasari (2003) Strategi-strategi belajar merupakan pembelajaran yang mengajarkan siswa bagaimana belajar, mengingat, berfikir, dan bagaimana memotivasi diri sendiri.
Corebima (2003) Keberhasilan siswa dalam belajar sebagaian besar bergantung pada kepandaian siswa belajar secara mandiri sekaligus memonitor hasil belajarnya.

3. Metode
a. Menggunakan meode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Tiap siklus terdiri atas 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
b. Faktor yang menjadi fokus untuk diselidiki adalah siswa, guru, dan sumber belajar. Untuk siswa yang diselidiki adalah prestasi belajar berupa produk (pemahaman konsep) dan ketrampilan dalam menerapkan strategi belajar. Faktor guru yang diselidiki adalah mempersiapkan materi pembelajaran, menggunakan dan mengorganisir siswa dalammelaksanakan pembelajaran dengan mengunakan strategi belajar elaborasi metode PQ4R. Sedangkan untuk faktor sumber belajar yang diselidiki adalah kesesuaian penggunaan sumber belajar atau bahan pelajaran dengan KD dan indikator.
c. Untuk melihat sejauh mana prestasi belajar siswa dalam konsep-konsep dalam pokok bahasan kelangsungan hidup organisme, maka dilakukan tes awal dengan menggunakan sejumlah pertanyaan.
d. Indikator keberhasilan penelitian tindakan adalah ketuntasan belajar siswa yakni 85% siswa mencapai rata-rata 75.
4. Hasil
a. Aktivitas siswa meningkat yang ditunjukkan pada saat tahap question dengan mempertukarkan jawaban siswa dengan kelompok lain dan adanya kemajuan dalam kegiatan belajar dalam portofolio siswa.
b. Prestasi belajar siswa berdasarkan hasil tes formatif, tes sumatif dan kriteria ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Siklus pertama nilai rata-rata 7,2 dengan ketuntasan 65%, siklus kedua nilai rata-rata 7,5 dengan ketuntasan 70%, dan siklus ketiga nilai rata-rata 8,5 dengan ketuntasan 87%.

D. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimunculkan
1. Latar belakang yang digunakan adalah nilai rata-rata pokok bahasan kelangsungan hidup organisme selama 2 tahun terahir dibawah 6,0. Apakah ini sesuai? Mengingat bahwa siswa yang ada pada saat itu berbeda dengan siswa yang diteliti, baik kemampuan, latar belakang sosial ekonominya, dan mungkin gurunya juga beda.
2. Dalam metodologi dinyatakan akan menyelidiki faktor siswa, guru, dan sumber belajar, tetapi hasil data yang disajikan dan dianalisis hanya data tentang siswa. Apakah ada kesesuaian antara metode dan hasil?
3. Peningkatan hasil belajar pada siklus ke tiga apakah karena PQ4R? Apa bukan disebabkan oleh tes / soal yang dikerjakan sudah banyak di tanyakan pad siklus ke satu dan kedua?
4. Apakah pengambilan data untuk aktifitas siswa cukup dengan hanya melihat portofolio siswa? Apakah tidak ada data lain yang lebih tepat untuk menunjukkan aktifitas belajar siswa?

E. Konsep utama
PTK ini menghasilkan konsep bahwa PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar materi deklaratif.
F. Refleksi
Saya menjadi penasaran untuk segera mencoba menggunakan metode PQ4R dalam pembelajaran disekolah saya. Mengingat ada gejala yang mirip dengan PTK ini yaitu untuk materi deklaratif hasil belajar penerapan dan pemahaman konsep masih cukup rendah.

0 komentar

Poskan Komentar