Advertise

Senin, 30 Agustus 2010

CAse Study Pak Charis


CASE STUDY

Judul :EKSPERIMEN AND PERCOBAAN

Oleh. Charis Achmadi

Pelajaran IPA atau Fisika merupakan pelajaran yang sangat dan paling menyenangkan bagi sisiwa SMP Negeri 3 Sekolah, karena memang pelajaran fisika merupakan pelajaran yang paling realita dan tidak bisa dibohongi (kemeroh, Jawa). Meski saya sebagai seorang guru sering menggunakan Metode CTL ( Catat Tinggal Lungo ) toh tidak ada siswa yang komplin bahkan mereka mala sangat Enjoi aja. Bahkan meskipun Pelajaran IPA diletakkan di jam terakhir tidak ada satupun siswa saya yang ngantuk apalagi merasa bosan.

Sebelum saya mengajar atau melakukan PBM sudah jelas perangkat sudah siap meski juga kadang-kadang tidak terbawa apalagi di baca.

Pada hari senin pada jam 7-8 saya mengajar kelas IX 4 dengan materi listrik dinamis pada rangkaian tertutup dengan menggunakan metode eksperimen.Setelah tahapan RPP mulai dari Pembukaan sampai kegiatan inti baru siswa saya bagi dalam 8 kelompok dimana tiap kelompok ada 5 siswa. |Setela tiap kelompok menempati tempat yang sudah tersediah baru alat dan bahan saya berikan yaitu AVO meter, Resistor Kabel dan Battery dan siswa saya komando untuk melakukan kegiatan dengan mengikuti petunjuk sesuai yang ada di LKS.

Setelah beberapa menit kegiatan inti selesai (kegiatan eksperimen) siswa menuliskan data-data di table pengamatan. Saya dengan sangat yakin dan PDnya siswa dapat menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen tersebut di atas.

Ternyata saya sangat kecewa, jangankan membuat simpulan menuliskan data pada table saja mereka kesulitan atau bahkan mereka tidak tahu sama sekali.

Akhirnya dengan berat hati saya tuntun menuliskan data pada table dan dengan menggunakan metode ceramah saya jelaskan cara menyimpulkan dari kegiatan eksperimen tersebut.

Tapi saya masih punya kebanggaan karena nilai UNAS dari IPA dari 40 x7 kelas siswa saya rata-rata 8.7

IDENTIFIKASI MASALAH

Kemampuan siswa dalam membaca alat ukur

Kemampuan siswa dalam mengisi tabel

Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan

RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah proses

· Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran eksperimen terbimbing pada kompetensi listrik dinamis pada kelas 9A SMP XX ?

· Bagaimanakah efektifitas pembelajaran eksperimen terbimbing pada kompetensi listrik dinamis pada kelas 9A SMP XX ?

Rumusan hasil

· Apakah penggunaan eksperimen terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan hasil eksperimen kompetensi listrik dinamis pada kelas 9A SMP XX ?

JUDUL

Peningkatan prestasi belajar melalui eksperimen terbimbing pada kompetensi listrik dinamis kelas 9A SMP XX

Peningkatan kemampuan menyimpulkan hasil eksperimen tentang listrik dinamis dengan eksperimen terbimbing pada siswa kelas 9A SMP

Penerapan pembelajaran eksperimen terbimbing untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan hasil eksperimen pda kompetensi listrik dinamis kelas 9A SMP XX

INSTRUMEN


0 komentar

Posting Komentar