Advertise

Jumat, 03 Agustus 2012

PREDIKSI UKG ONLINE FISIKA SMA


Soal-Soal
NO.
ID
Soal
Jawaban
1
398
Salah satu alasan bagi guru IPA harus memahami karakteristik peserta didik adalah .
edit
2
399
Perkembangan yang harus di perhatikan oleh guru pada peserta didik untuk kepentingan pengajaran dan pendidikan adalah .
edit
3
400
Pada saat guru hendak melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru mengeksplorasi pengetahuan- pengetahuan apa saja yang sudah dimiliki oleh peserta didik yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diberikan,hal ini penting dilakukan karena .
edit
4
401
Sebuah mobil dengan massa 5,0 kg melaju dengan kecepatan 14 m/s dengan mengalami dorongan roket sebesar 85 N (searah gerakan mobil ) selama 20 s seperti yang ditunjukkan pada grafik. Berapa kecepatan yang dihasilkan?
edit
5
402
Sebuah bus mengemudi sepanjang jalan lurus. Sopir bus, bernama Ray, memiliki secangkir air beristirahat di dasbor Tiba-tiba Ray membanting rem. Yang paling mungkin terjadi adalah . . . .
edit
6
403
Sebuah balok kayu 8,0 kg yang meluncur di sepanjang lantai beton dengan kecepatan 15 m / s seperti yang ditunjukkan gambar . Setelah menempuh 12 m karena adanya gesekan kecepatan turun menjadi 5,0 m / s. Berapa kerja yang dilakukan setelah menempuh jarak 12 m?
edit
7
404
Perhatikan pernyataan berikut ini
1) Dokumentasi hasil penilaian sistem blok
2) Penilaian kelas
3) Observasi dan wawancara non-penilaian
4) Pertemuan dengan orang tua murid
5) Program konseling

Kesulitan belajar peserta didik dapat di deteksi melalui . . . .
edit
8
405
Tiga anak-anak bermain luncuran seperti tampak pada gambar , ke tiga anak diberi nomor 1, 2 dan 3, yang awalnya pada saat diam mereka ber tiga sama ketinggian h di atas tanah. Anak 1 jatuh lurus ke bawah. Anak-anak 2 dan 3 meluncur tanpa gesekan sebagaimana ditunjukkan oleh gambar . Bila hambatan udara diabaikan. Anak mana yang memiliki kecepatan terkecil dibagian bawah ?
edit
9
406
Dua benda A dan B bermassa sama masing-masing 2kg saling bertumbukan. Kecepatan sebelum tumbukan adalah VA = 15 i + 30 j (m/s) dan VB = -10 i + 5 j (m/s). Kecepatan benda A setelah tumbukan adalah 5 i + 20 j (m/s). Persentase energi kinetik yang hilang setelah tumbukan adalah....
edit
10
407
Satu prinsip yang peling penting dalam psikologi pendidikan adalah bahwa guru tidak hanya sekedar memeberikan pengetahuan kepeda siswa tetapi siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya.Teori belajar ini dikenal sebagai .
edit
11
408
Sebuah benda mengalami gaya yang bervariasi seperti yang ditunjukkan dalam grafik Ft berikut . Grafik mana yang menunjukkan perubahan momentum terbesar?
edit
12
409
Di bawah ini adalah gambar batang ABCD.
Pada batang ABCD seperti gambar di atas bekerja gaya F1, F2, F3, dan F4 . Jika massa batang diabaikan, maka nilai momen gaya terhadap titik A adalah
edit
13
410
Seorang pesulap berdiri di atas meja putar ,kedua tangannya terentang horizontal sambil memegang beban 2 Kg pada masing-masing tangannya .Ia berputar terhadap sumbu vertical dengankecepatan sudut 2 rad/s. Ia kemudia menurunkan ke dua tangannya menempel di samping badannya. Sejak awal dan akhir sumbu putar masing-masing 2 m dan 0,5 m. Juka momen inersia pesulap tetap sebesar 5 kg. m2,maka kecepatan sudutnya sekarang adalah . . . .
edit
14
411
Gambar berikut adalah benda homogen yang merupakan gabungan antara benda I dan benda II
Jika Zo adalah titik berat benda gabungan dan Z1 adalah titik berat benda I, maka jarak antara Z0 dan Z1 adalah . . . .
edit
15
412
Dari hasil percobaan yang dilakukan di laboratorium pada sebuah pegas yang diberi beban diperoleh hubungan antara beban yang digantungkan pada pegas terhadap pertambahan panjang pegas tersebut seperti gambar grafik di bawah ini, maka besarnya konstanta pegas adalah........
edit
16
413
Sebuah partikel melakukan gerak harmonik sederhana. Energi kinetik partikel adalah EK, energi potensialnya EP dan Energi total ET. Pada saat partikel berada di tengah-tengah antara posisi seimbang dan posisi amplitudo, maka perbandingan nilai EK/ET dan EP/ET berturut-turut adalah ....
edit
17
414
Dua buah gelombang berjalan bergerak dengan persamaan simpangan y = 0,05 sin ( 20 ? t + 5 x) ; x dalam meter dan t dalam sekon.Pernyatan berikut yang benar adalah
edit
18
415
Dua buah speaker A dan B diletakkan seperti terlihat pada gambar. Ternyata pada detektor D terjadi interferensi maksimum order pertama. Bila kecepatan bunyi di udara = 330 m/s berapa besar frekuensi gelombang bunyi tersebut ?
edit
19
416
Sebuah mobil ambulans yang membunyikan sirine bergerak dengan laju 36 km.jam-1 mendekati seorang pendengar diam mendengar frekuensi bunyi sirine 1020 Hz. Bila kecepatan bunyi di udara 340 ms-1, maka frekuensi sirine ambulans adalah....
edit
20
417
Untuk menentukan massa jenis zat cair, dirangkai alat seperti gambar di bawah ini. Pengisap P dapat bergerak bebas dengan luas penampang A m2. Jika konstanta pegas k N.m-2 dan pegas tertekan sejauh x meter, maka massa jenis zat cair jika dirumuskan secara matematis adalah....
edit
21
418
Untuk minum di siang hari, Budi membuat secangkir kopi panas, dengan temperatur kira-kira 90 C, dan secangkir air mineral dingin dengan temperatur kira-kira 5 C. Kedua cangkir yang digunakan memiliki jenis dan ukuran yang sama, serta volum minumannya pun sama. Budi menyimpan kedua minumannya pada suhu ruang kira-kira 20 C. Berapa temperatur kopi dan air mineral setelah dibiarkan selama 10 menit?
edit
22
419
Seorang siswa melakukan percobaan menggosok sebuah sabuk dengan permukaan luar dari sebuah kaleng yang berisi air . Untuk dapat menghitung banyaknya energi kalor yang timbul, maka siswa harus menentukan dahulu usaha antara gaya gesekan sabuk dengan kaleng dan juga ada variabel lain yang yang harus di ukur adalah . . . .
1) Massa air
2) suhu awal dan suhu akhir air
3) Koefisien gesekan antara sabuk dan kaleng
edit
23
420
Tiga proses siklus termodinamika disajikan dalam diagram gas ideal PV seperti tampak pada gambar

Proses 1 ? 2 berlangsung pada suhu konstan (300 K). Selama proses energi panas sebesar 60 J memasuki system ini .
Proses 2 ? 3 terjadi pada volume konstan. Selama proses ini panas sebesar 40 J memasuki system ini
Proses 3 1 adalah proses adiabatik. T3 adalah 275 K. Berapa besar perubahan energi dalam sistem selama proses 3 ? 1 ?
edit
24
421
Misalkan Anda melihat sebuah film yang berjalan mundur. Anda akan melihat banyak hal aneh terjadi: sungai akan mengalir ke atas bukit, orang terbang dari kolam renang ke papan luncur dan sebagainya. ini memang aneh " benda benda yang bergerak- mundur " hal-hal yang sebenarnya kadang-kadang terjadi juga di alam,.prinsip-prinsip fisika mana yang dilanggar?
edit
25
422
Tiga buah lensa masing-masing memiliki jarak focus 10 cm, -10 cm dan 10 cm,yang sumbu-sumbu optiknya terletak pada satu garis lurus. Jarak antara satu lensa dengan lensa yang lain adalah 4 cm. Jika sinar matahari memasuki lensa pertama sepanjang sumbu optiknya,bayangan matahari yang di bentuk oleh susunan lensa itu terletak di belakang lensa ke 3 sejauh . . . .
edit
26
423
Sebuah teropong dipakai untuk melihat bintang yang menghasilkan perbesaran anguler 6 kali.jarak lensa obyektif terhadap lensa okuler 35 cm.Teropong di gunakan pada mata tidak berakomodasi,maka jarak focus okulernya adalah . . . .
edit
27
424
Indeks bias udara 1,indeks bias air 4/3 dan index bias bahan suatu lensa tipis 3/2 sebuah lensa tipis yang kekuatannya di udara adalah 4 dioptri,maka di dalam air akan menjadi . . . .
edit
28
425
Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika sebuah muatan +Q terletak antara A dan B, dimanakah muatan +Q harus diletakkan sehingga gaya coulumb yang dialaminya nol?
edit
29
426

edit
30
427
Banyak orang percaya bahwa angin dapat menggantikan minyak dan batubara sebagai sumber energi yang mampu menghasilkan listrik. Struktur-struktur yang terdapat dalam gambar adalah kincir angin. Rotasi yang memutar kincir menimbulkan listrik yang dihasilkan oleh generator yang dihidupkan oleh kincir angin.

Semakin kuat hembusan angin, semakin cepat kincir berputar dan semakin besar pula tenaga listrik yang dihasilkan. Bagaimanapun, tidak ada hubungan langsung antara kecepatan angin dengan tenaga listrik dalam keadaan yang sebenarnya. Di bawah ini adalah empat macam kondisi kerja dalam sebuah wind farm sebenarnya sehingga dapat menghasilkan energi listrik.
Bilah kincir mulai berotasi ketika kecepatan angin mencapai V1.
Tenaga listrik yang dihasilkan mencapai maksimum (W) jika kecepatan angin sebesar V2.
Bilah kincir akan berhenti berputar jika kecepatan angin mencapai V3.

Berdasarkan prinsip kerja ini maka dari ke empat grafik ini yang menggambarkan hubungan antara kecepatan angin dan tenaga listrik yang dihasilkan adalah . . . .
edit
31
428
Rangkaian RLC seri dirangkai seperti pada gambar!

Bila saklar S ditutup, maka beda potensial antara titik M dan N adalah . . . .
edit
32
429
Sebuah kawat lurus panjang ber arus 3 ? A dan sebuah lingkaran berarus 12 A,ke duanya di letakkan seperti gambar berikut ini tanpa ada sentuhan di A

Pusat lingkaran kawat adalah P dengan jari-jari 10 cm.Besar induksi total di titik P adalah . . . .
edit
33
430
Beberapa pernyataan yang berkaitan dengan sepotong kawat penghantar di aliri listrik I.
1. Kuat arus yang mengalir dalam kawat
2. Jarak titik ke kawat penghantar
3. Permeabilitas bahan/media
4. Jenis arus

Pernyataan yang benar mempengaruhi besar induksi magnetik di titik P adalah ....
edit
34
431
Elektron atom hidrogen mengadakan transisi menghasilkan frekuensi terkecil pada deret Lyman jika energi electron pada tingkat dasar adalah 13,6 eV energi yan dipancarkan saat itu adalah . . . .
edit
35
432
35. Frekuensi ambang suatu logam 1,5 x 1016 Hz.Bila logam tersebut disinari dengan cahaya yang mempunyai frekuensi 2 x 10 16 dan h = 6,6 x 10-34 Js : 1 eV = 1,6.10-19 J,maka besarnya energy kineti electron yang terlepas dari permukaan logam tersebut adalah . . . .
edit
36
433
35. Manakah dari grafik berikut ini yang paling mewakili jumlah (n) dari atom-atom radioaktif yang tersisa dalam suatu sampel sebagai fungsi waktu (t)?
edit
37
434
Percobaan di dalam laboratorium terkadang menimbulkan bau atau asap yang tidak sedap. Dengan memperhatikan hal itu, perencanaan posisi dan dimana laboratorium akan di bangun biasanya mempertimbangkan .
edit
38
435
Jika anda membuat sebuah alat peraga sederhana dengan menggunakan bahan lokal, yang harus diperhatikan dari alat sederhana yang dibuat itu terutama adalah
edit
39
436
Dalam suatu percobaan terdapat 3 (tiga) buah variable fisika yaitu A, B dan C. Pada nilai A tertentu, setiap perubahan dari nilai B menyebabkan perubahan nilai C.
Pernyataan berikut ini yang benar adalah
.
edit
40
437
Menurut Richtmeyer dkk (1955) , sejarah perkembangan ilmu fisika dibagi dalam empat periode yaitu: Periode s.d. 1550 (Periode Pra-Sains),kemudian Periode 1550 1800 (Berkembangnya Metode Eksperimen),berikutnya Periode 1800 1900 (Berkembangnya Fisika Klasik) dan terakhir Periode 1900 s.d. Sekarang (Berkembangnya Fisika Modern). Berkembangnya Persamaan gerak benda tegar, teori elastisitas, hidrodinamika.adalah terjadi pada . . . .
edit

0 komentar

Poskan Komentar