PENGUKURAN DAN INSTRUMEN
Ilmu Pendidikan
berkomunikasi dengan realitas melalui konsep-konsep, sehingga apabila
konsep, baik tunggal maupun yang
berhubungan, mau diteliti maka diperlukan operasionalisasi agar konsep/variabel
yang menjadi fokus perhatian dapat diamati dan diobservasi, sesuatu yang dapat
diobservasi, baik secara langsung ataupun tidak langsung, juga bermakna dapat
diukur (Measurable), oleh karena itu pengukuran menjadi penting dalam
kaitannya dengan penelitian khususnya penelitian kuantitatif.
Pengukuran
tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab memerlukan
keterkaitan/keselarasan antara konsep dengan pelaksanaan penelitian serta
kehati-hatian terhadap kesalahan pengukuran (Measurement error) yang
dapat menjadi ancaman bagi keabsahan suatu penelitian. Dalam suatu penelitian
sosial, menurut Sofian Effendi, proses pengukuran adalah rangkaian dari
empat aktivitas, yakni :
1.
menentukan dimensi konsep penelitian
2.
rumusan ukuran untuk masing-masing dimensi (pertanyaan-
pertanyaan yang relevan dengan dimensi)
3.
tentukan tingkat ukuran yang akan digunakan (Nominal,
Ordinal, Interval, Rasio)
4.
tentukan tingkat kesahihan dan keajegan dari alat pengukur
dst. DOWNLOAD
0 komentar
Posting Komentar