PEDOMAN PENSKORAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGEMBANGAN PROFESI
GURU/PENGAWAS SEKOLAH
VARIABEL/DESKRIPTOR
|
SKOR MAKS.
|
JUMLAH SKOR
|
|
JUDUL
·
Judul
sederhana, lengkap, jelas, dan menarik
|
2
|
||
ABSTRAK
· Ada abstrak menyeluruh, ringkas, dan jelas
|
2
|
||
I
|
PENDAHULUAN
|
18
|
|
A.
Latar Belakang
Masalah
·
Ada informasi
yang terkait dengan masalah pembelajaran
·
Ada proses
identifikasi masalah dengan jelas dan logis
·
Ada analisis
masalah dengan jelas dan logis
·
Ada alasan
pemilihan masalah yang akan diatasi dengan jelas dan logis
·
Ada teori yang
berkaitan dengan penyebab masalah dan solusi yang dipilih
|
2
2
2
2
2
|
||
B.
Rumusan Masalah
·
Rumusan Masalah jelas dan benar
·
Masalah
berkaitan dengan latar belakang
|
3
|
||
C.
Tujuan
·
Rumusan tujuan
jelas, logis, dan bermakna
|
2
|
||
D.
Manfaat
·
Ada manfaat dan
berkontribusi nyata dalam pembelajaran
|
2
|
||
E.
Definisi
Operasional
·
Ada definisi
operasional dan jelas
|
1
|
||
F.
|
|||
II
|
KAJIAN PUSTAKA
|
8
|
|
A. Ada kajian pustaka berkaitan dengan masalah
pembelajaran yang dikaji
|
2
|
||
B. Ada kajian pustaka berkaitan dengan solusi
pembelajaran yang relevan, terkini, rinci, sistematis, dan jelas
|
3
|
||
C. Ada kajian pustaka tentang peran solusi yang dipilih
dengan kegiatan yang konkret untuk mengatasi masalah
|
2
|
||
D. Ada hipotesis tindakan
|
1
|
||
III
|
METODE PENELITIAN
|
26
|
|
A.
Subjek
Penelitian
·
Mencantumkan
kelas,lokasi, mata pelajaran dengan rinci dan jelas
·
Waktu
pelaksanaan logis
|
4
2
|
||
B.
Perencanaan
·
Adanya
penjelasan tindakan yang akan dilaksanakan
·
Tindakan
relevan dengan masalah
·
Langkah-langkah
perbaikan pembelajaran ada, rinci, dan jelas
|
2
2
2
|
||
C.
Prosedur
Pelaksanaan
·
Ada informasi
perosedur pelaksanaan dengan jelas dan logis
·
Ada informasi
tentang pengamat dan tugasnya dengan jelas
·
Ada informasi
tentang prosedur pembelajaran dengan jelas dan rinci
|
2
1
2
|
||
D.
Pengamatan/Pengumpulan
Data/Instrumen
·
Ada instrumen
dan tepat
·
Data sesuai
dengan masalah dan lengkap
|
2
2
|
||
E.
Analisis Data/Refleksi
·
Ada cara
menemukan kekuatan dan kelemahan tindakan perbaikan pembelajaran
·
Menemukan
kelemahan dalam merancang dan melakukan tindakan perbaikan
|
2
2
|
||
F.
Adanya
informasi tentang kegiatan penyiapan partisipan
|
1
|
||
IV
|
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
26
|
|
A.
Deskripsi
Setiap Siklus
·
Ada data
tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan, refleksi setiap siklus
·
Ada paparan
tentang keberhasilan dan kegagalan
·
Ada penjelasan
lengkap dengan data
|
6
5
5
|
||
B.
Pembahasan
setiap siklus
·
Ada temuan
sesuai dengan data yang diolah dengan jelas dan rinci setiap siklus
·
Temuan sesuai
dengan data yang diolah jelas, rinci, dan lengkap pada setiap siklus
|
5
5
|
||
V
|
PENUTUP
|
8
|
|
A.
Kesimpulan
·
Kesimpulan
sesuai dengan masalah, temuan, dan jelas
|
4
|
||
B.
Saran Tindak Lanjut
·
Saran sesuai
dengan kesimpulan, jelas, dan logis
·
Tindak lanjut
operasional dan dapat dilaksanakan
|
2
2
|
||
DAFTAR RUJUKAN
|
2
|
||
·
Ada daftar
rujukan sesuai dengan rujukan dan isi
·
Ada daftar
rujukan dan disusun alfabetis dengan sistem yang benar
|
1
1
|
||
PENGGUNAAN BAHASA
|
8
|
||
·
Pilihan kata
tepat
·
Struktur
kalimat lugas dan baku
·
Paragraf
kohesif dan koheren (padu dan runtut)
·
Penulisan
sesuai dengan EYD
|
2
2
2
2
|
||
JUMLAH SKOR
|
100
|
Catatan:
- Jika
ditemukan 2 (dua) atau lebih laporan identik/sama, atau jika ditemukan
identitas tidak sesuai, berikan nilai 10 (sepuluh) sebagai hukuman dan
tuliskan pada kolom keterangan "laporan sama/identik dengan .... "
atau "nama dan NIP tidak sesuai".
- Jika laporan
yang dinilai bukan merupakan laporan penelitian tindakan (misalnya laporan
penelitian eksperimen, penelitian yang melihat hubungan antar-variabel,
dll.) maka berikan nilai 11 (sebelas) dan tuliskan pada kolom keterangan
"bukan laporan PTK".
skor diperoleh
- Penghitungan perolehan nilai =
------------------------- X
4
100
0 komentar
Posting Komentar