Advertise

Rabu, 24 April 2013

PEDOMAN PENSKORAN LAPORAN PTK


PEDOMAN PENSKORAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENGEMBANGAN PROFESI GURU/PENGAWAS SEKOLAH


VARIABEL/DESKRIPTOR
SKOR MAKS.
JUMLAH SKOR

JUDUL
·         Judul sederhana, lengkap, jelas, dan menarik



2

ABSTRAK
·       Ada abstrak menyeluruh, ringkas, dan jelas



2
I
PENDAHULUAN

18

A.   Latar Belakang Masalah
·         Ada informasi yang terkait dengan masalah pembelajaran
·         Ada proses identifikasi masalah dengan jelas dan logis
·         Ada analisis masalah dengan jelas dan logis
·         Ada alasan pemilihan masalah yang akan diatasi dengan jelas dan logis
·         Ada teori yang berkaitan dengan penyebab masalah dan solusi yang dipilih

2
2
2
2

2



B.   Rumusan Masalah
·         Rumusan Masalah  jelas dan benar
·         Masalah berkaitan dengan latar belakang
3


C.  Tujuan
·         Rumusan tujuan jelas, logis, dan bermakna

2


D.  Manfaat
·         Ada manfaat dan berkontribusi nyata dalam pembelajaran

2


E.   Definisi Operasional
·         Ada definisi operasional dan jelas
 
1


F.    



II

KAJIAN PUSTAKA


8

A. Ada kajian pustaka berkaitan dengan masalah pembelajaran yang dikaji
2


B. Ada kajian pustaka berkaitan dengan solusi pembelajaran yang relevan, terkini, rinci, sistematis, dan jelas
3


C. Ada kajian pustaka tentang peran solusi yang dipilih dengan kegiatan yang konkret untuk mengatasi masalah
2


D. Ada hipotesis tindakan
1


III

METODE PENELITIAN


26


A.   Subjek Penelitian
·         Mencantumkan kelas,lokasi, mata pelajaran dengan rinci dan jelas
·         Waktu pelaksanaan logis

4

2


B.   Perencanaan
·         Adanya penjelasan tindakan yang akan dilaksanakan
·         Tindakan relevan dengan masalah
·         Langkah-langkah perbaikan pembelajaran ada, rinci, dan jelas

2
2
2



C.  Prosedur Pelaksanaan
·         Ada informasi perosedur pelaksanaan dengan jelas dan logis
·         Ada informasi tentang pengamat dan tugasnya dengan jelas
·         Ada informasi tentang prosedur pembelajaran dengan jelas dan rinci

2
1
2



D.  Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
·         Ada instrumen dan tepat
·         Data sesuai dengan masalah dan lengkap


2
2


E.   Analisis Data/Refleksi
·         Ada cara menemukan kekuatan dan kelemahan tindakan perbaikan pembelajaran
·         Menemukan kelemahan dalam merancang dan melakukan tindakan perbaikan


2


2


F.   Adanya informasi tentang kegiatan penyiapan partisipan
1





IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

26

A.   Deskripsi Setiap Siklus
·         Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan, refleksi setiap siklus
·         Ada paparan tentang keberhasilan dan kegagalan
·         Ada penjelasan lengkap dengan data

6

5
5


B.   Pembahasan setiap siklus
·         Ada temuan sesuai dengan data yang diolah dengan jelas dan rinci setiap siklus
·         Temuan sesuai dengan data yang diolah jelas, rinci, dan lengkap pada setiap siklus

5

5









V
PENUTUP

8

A.   Kesimpulan
·         Kesimpulan sesuai dengan masalah, temuan, dan jelas

4


B.     Saran Tindak Lanjut
·         Saran sesuai dengan kesimpulan, jelas, dan logis
·         Tindak lanjut operasional dan dapat dilaksanakan

2
2






DAFTAR RUJUKAN

2

·         Ada daftar rujukan sesuai dengan rujukan dan isi
·         Ada daftar rujukan dan disusun alfabetis dengan sistem yang benar
1
1



PENGGUNAAN BAHASA


8

·         Pilihan kata tepat
·         Struktur kalimat lugas dan baku
·         Paragraf kohesif dan koheren (padu dan runtut)
·         Penulisan sesuai dengan EYD
2
2
2
2



JUMLAH SKOR



100
Catatan:
  1. Jika ditemukan 2 (dua) atau lebih laporan identik/sama, atau jika ditemukan identitas tidak sesuai, berikan nilai 10 (sepuluh) sebagai hukuman dan tuliskan pada kolom keterangan "laporan sama/identik dengan .... " atau "nama dan NIP tidak sesuai".
  2. Jika laporan yang dinilai bukan merupakan laporan penelitian tindakan (misalnya laporan penelitian eksperimen, penelitian yang melihat hubungan antar-variabel, dll.) maka berikan nilai 11 (sebelas) dan tuliskan pada kolom keterangan "bukan laporan PTK".

                                                                    skor diperoleh
  1. Penghitungan perolehan nilai  =  -------------------------  X 4
                100                 

0 komentar

Posting Komentar