Mata Ujian :
Pengembangan Sistem Pembelajaran
Jenjang
Studi : S-2
Hari/Tanggal :
Waktu : 14.00 – 16.00
Program
Studi : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Kerjakan
soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.
- Berilah penjelasan saudara bahwa rancangan sistem
pembelajaran berbeda dengan pengajaran tradisional, sertakan contoh
kongkrit dari masing-masing pembelajaran tersebut !
- Sebutkan langkah-langkah penyusunan / rancangan
sistem pengajaran Walter Dick dan Lou Carey,
Berilah
penjelasan dari setiap langkah tersebut !
- Ambillah suatu pokok bahasan / sub pokok bahasan
dari bidang studi saudara mengajar, analisislah
Ketrampilan-ketrampilan
sub ordinat tersebut,apakah yang saudara temukan (apakah melalui analisa
hierarki,
analisa prosedural atau analisa campuran) !
- Dari temuan analisis pengajaran dari ketrampilan sub
ordinat, buatlah Tujuan Khusus Pengajaran
(Terminal Objective) sesuai dengan
Walter Dick dan Lou Carey untuk satu kali tatap muka !
- Dari
penyusunan Tujuan Khusus Pengajaran (Terminal Objective) yang saudara
susun, kembangkanlah
bagaimana
siasat pengajaran yang saudara lakukan dalam penyampaian materi di kelas !
SELAMAT
MENGERJAKAN
Mata Ujian :
Metodologi Penelitian
Jenjang
Studi : S-2
Hari/Tanggal :
Waktu : 16.00 – 18.00
Program
Studi : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Kerjakan
soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.
Jawablah
pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang tersedia !
1. Penelitian
menurut pendekatannya dapat dikelompokkan menjadi penelitian :
a.
Survey
b.
Ex post facto
c.
Eksperimen
d.
Naturalistik
e.
Action Research
Jelaskan
dari masing-masing pendekatan di atas !
2. Menurut
hubungan anatara satu variabel dengan variabel yang lain,maka macam variabel
dalam penelitian dapat dibedakan menjadi :
a.
Variabel Independen
b.
Variabel Moderator
c.
Variabel Inter Vening
d.
Variabel Kontrol
Jelaskan
dari variabel-variabel di atas !
3. Skala
pengukuran merupakan seperangkat aturan yang diperlukan untuk
mengkuantitatifkan data dari Pengukuran suatu variabel. Macam-macam skala
pengukuran dapat berupa :
a.
Skala Nominal
b.
Skala Ordinal
c.
Skala interval
d.
Skala Ratio
Jelaskan
macam skala pengukuran di atas dan beri contohnya !
4. Buatlah
kerangka laporan hasil penelitian :
a.
Kualitatif
b.
Kuantitatif
c.
Pengembangan
Jelaskan
persamaan dan perbedaan dari ketiga contoh di atas !
5. Dalam
suatu penelitian anda mengenal Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian.
Jelaskan
yang dimaksud Validitas dan Realiabilitas tersebut !
SELAMAT MENGERJAKAN
Mata Ujian :
Media Interaktif Pembelajaran
Jenjang Studi :
S-2
Hari/Tanggal :
Waktu : 14.00 – 16.00
Program
Studi : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Kerjakan
soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.
1. Pengelompokan dan pengadaan media
- Bagaimanakah klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz ?
- Bagaiamanakah cara pengadaan media menurut Yusuf Hadimiarso ? Jelaskan
dan berikan contoh riilnya.
- Bagaimanakah ciri-ciri media yang diadakan menurut cara-cara tersebut
di atas ?
2. Pengertian Media Interaktif:
- Apakah yang dimaksud dengan media interaktif f?
- Syarat apakah yang harus dipenuhi agar suatu media dikatakan
interaktif ?
- Berikan contoh media pembelajaran yang interaktif yang digunakan di
sekolah !
3. Interaksi manusia dengan komputer
- Faktor manusia memegang peran yang penting dalam interaksi manusia
dengan komputer.
Jelaskan dengan memberikan
contoh riil bahwa faktor-faktor berikut ini memegang peranan yang penting:
1) Penglihatan
2) Pendengaran
3) Sentuhan
4) Pemodelan
sistem pengolahan
5) Pengendalian
motorik
- Jelaskan maksud piranti interaktif berikut ini:
1) Joystick
2) Trackball
3) Digitizing
Tablet
4) Pena
Cahaya
5) Panel
Sensitif Sentuhan
4. Desain Media Interaktif
- Pembuatan media yang interaktif memerlukan desain yang tepat, meliputi
desain informasi, desain interaksi dan desain presentasi. Jelaskan
pengertian masing-masing desain.
- Buatlah contoh sebuah desain informasi dan desain interaksi. (Tema
bebas).
6.
Pemanfaatan media interaktif:
a. Berikan
contoh situs yang menawarkan media pembelajaran yang interaktif serta produk
yang
ditawarkannya
!
b. Syarat
apakah yang harus dipenuhi agar media tersebut bisa dioperasikan ?
c. Syarat
apakah yang harus dipenuhi seorang guru dalam posisi ini ?
SELAMAT
MENGERJAKAN
Mata Ujian :
Strategi Kognitif
Jenjang
Studi : S-2
Hari/Tanggal :
Waktu : 16.00 – 18.00
Program
Studi : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Jawablah
pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang tersedia !
Soal :
- Penggunaan strategi kognitif akan memberikan
kontribusi yang berharga bagi peningkatan kualitas pembelajaran.
- Jelaskan manfaat penggunaan startegi kognitif dalam
proses belajar siswa !
- Jelaskan perbedaan antara strategi kognitif dengan
intelektual skill,masing-masing
disertai
contoh !
- Menurut teori model memori Atkinson danShirin
penggunaan strategi kognitif dimaksudkan
Untuk
meningkatkan kinerja memori individu.
- Uraikan siklus peristiwa pembelajaran berdasarkan
teori model memori Atkinson & Shiffrin !
- Jelaskan upaya guru untuk mengurangi kehilangan
informasi dalam peristiwa pembelajaran menurut model memori Atkinson dan
Shiffrin !
- Penggunaan strategi Chunking bagi guru dapat
membantunya untuk meningkatkan kualitas sajian materi pembelajaran.
- Jelaskan manfaat penggunaan strategi Chunking bagi
pembelajaran siswa di kelas ?
- Berikan contoh penggunaan strategi Chunking pada
materi pembelajaran Anda ?
- Penggunaan strategi spatial untuk menyusun materi
pembelajaran, dipandang lebih efisien.
- Jelaskan alasannya, mengapa bisa terjadi ?
- Berikan contoh penggunaan strategi spatial pada
materi pembelajaran Anda ?
- Dalam kawasan kognisi, konsep imajinasi dan konsep
imajeri merupakan dua hal yang berbeda.
- Jelaskan perbedaan antara konsep imajinasi dengan
konsep imajeri dalam peristiwa belajar siswa?
- Jelaskan manfaat imajeri bagi sejarahwan ?
SEMOGA
SUKSES
PENGEMBANGAN SISTEM
PEMBELAJARAN
- Dr
berbagai model desain instrksl slh satunya pengemb. Stem dick n carey
identifikasikan dan diskripsikan bgmn kecocokannya jika mdl desain
instrksl tsbt digunakan dlm persklhn di Indo. Yg saat ini diterapkan
kuriklm KBK !
- Pernyataan
sklh/madrasah mengembangkan kuriklum dgn melibatkn pihak terkait
berpedoman pd panduan penyusunan krklm yg disusun BSNP sebutkn dan
uraikan tgsnya bbrp pihak yg terlibat dlm pernyataan diatas!
- Sbg
pendidik tulislah lngkh2 dlm menyusun rpp sesuai dgn bdng studi keahlian
anda utk 1 sub pokok bahasan dgn alokasi wkt 15 mnt bndgkn langkah2
prosedural tsb dgn menggunakan model dick n carey!
- Uraikan
scr rinci blrj dpt dipandang sbg upy sadar seseorang utk memperoleh
perubahan perilaku scr keseluruhn baik kognitif, afektf, pskmtr!
METODOLOGI PENELITIAN
1.
Dlm
kompleks pnltn ilmu sosial/pnddkn
relationship antr variabel mrpkn hl yg sangt penting oleh krn itu dlm
hubungn kausalta tsb sesuai dgn pnddknny! Variabel dlm pnltn dpt dibedakan
menjd
a) vrabel independent
b) Vrbl moderator
c) Vrbl interplaning
d) vrbl control jlskn dr vrbel diatas dn beri cnth mdl relationship!
2.
Dr
klpk sisw SMA jrsn sosial budaya seorang peneliti memilih 60 siswa scr acak dan
dibagi menjd 2 klmpk scr acak pula 30 ssw mrpkn klmpk A menggunkn kurklm jursn
sos bud tradisional 30 ssw lainnya yaitu klmpk B menggnkn prgrm yg dirancang
utk etnis tertentu pd akhir semester kedua klmpk tsb dibandingkn mengunakan
skala yg dirancang utk mengetahui sikap terhdp klmpk etnis dlm studi itu sbtkn
a) vrbl bebas
b) vrbl terkaitnya
c) klmpk pengendalinya
d) klmpk eksperimennya
e) metd utk mengendalikn perbedaan diantara kedua klmpk tsb
f) desain penelitian yg digunakan!
3.
1.Buat
kerangka laporn hsl penltn
a) kualitatif
b) kuantitatif
c) pengembangan jelaskan persamaan dan perbedaan ketiga contoh diatas!
2. Buatlah suatu narasi mengenai kasus
penelitian sesuai dgn proposal yg akn anda buat dn uraikan mengenai
a) latar belakng
b) msalh/fokus pnltn
c) metode pnlt berikan penjelasan masing-masing
STRATEGI KOGNITIF
1. a. Definisikan strtg kgnf
menurut pemahaman anda dan beri penjelasan!
b. Terangkn strtg kgntf
Shirin dan Atkinson disertai penjelasn dgn peristw pembljrn di dlm kls
2. a. Jlskn
penggunaan konsp objk superefek dlm pengembngn materi pembljrn yg anda ampu
b. Lakukan analisis
keuntungan yg diperoleh bila anda menggunakan konsep tersebut dlm pembljr.
3. a. Jlskn mekanisme
asimilasi dan akomodasi dlm prstw pembljrn teori Piaget terangkn proses pengembangn
kgntf ......
4. a. Terngkn paradigma strtg
kgntf mnrt pemhmn
b. Jlskn manfaat yg
diperoleh bila guru menggnkn stg kgnf
dlm pembljrn
5. a. Mengapa strtg Frames
dipandang lebih efisien bila dibandingkn dgng strtg yg lain jlskn alasannya!
b. Berikn conth penggunaan
strg Nemonik pd mata pljrn yg anda bina
1 komentar
Teman teman yg punya variasi lain mohon di share juga, trims
Posting Komentar