Nama Peneliti : Bambang Djoko S. Nama Observer :
...............................
Materi :
...................................................
Hari/tanggal :
................................................... Tanda Tangan :
..............................
Aspek yang Diobservasi
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Tahap Pendahuluan
|
|
|
|
|
Guru
memunculkan masalah yang bertentangan untuk menarik minat siswa
|
|
|
|
|
Guru mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa
|
|
|
|
|
Guru
menghubungkan apa yang telah diketahui dan dapat dilakukan siswa pada materi
yang akan dibahas
|
|
|
|
|
Siswa
mengemukakan idenya dengan jelas
|
|
|
|
|
Tahap Eksplorasi
|
|
|
|
|
Guru mendorong
siswa untuk bekerja sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
Guru bertindak sebagai fasilitator
|
|
|
|
|
Percobaan dilakukan secara berkelompok
|
|
|
|
|
Kejelasan
tujuan percobaan bagi siswa
|
|
|
|
|
Kejelasan
penggunaan LKS bagi siswa
|
|
|
|
|
Siswa melakukan
aktivitas hands-on (eksperimen) dengan bimbingan guru
|
|
|
|
|
Siswa diberi
kebebasan untuk melakukan percobaan dengan caranya sendiri
|
|
|
|
|
Siswa mengumpulkan data percobaan
|
|
|
|
|
Siswa melakukan diskusi kelompok
|
|
|
|
|
Siswa menyimpulkan hasil percobaan
|
|
|
|
|
Tahap Eksplanasi
|
|
|
|
|
Guru mendorong siswa untuk menjelaskan hasil percobaan dan
konsep yang digunakan
|
|
|
|
|
Guru mengklarifikasi hasil percobaan berdasarkan data
|
|
|
|
|
Guru membimbing
siswa melakukan diskusi kelas
|
|
|
|
|
Guru
menjelaskan konsep, definisi baru
|
|
|
|
|
Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hasil percobaan
|
|
|
|
|
Siswa
mendengarkan penjelasan siswa lain secara kritis
|
|
|
|
|
Siswa mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
Konsep baru
yang dijelaskan guru dapat diterima siswa
|
|
|
|
|
Tahap
Elaborasi/Aplikasi
|
|
|
|
|
Guru memberikan
permasalahan berkaitan dengan penerapan konsep
|
|
|
|
|
Guru mendorong
siswa untuk menerapkan konsep baru
|
|
|
|
|
Guru mendorong
siswa untuk menerapkan konsep baru dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menerapkan konsep baru dalam situasi baru atau kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
Tahap Evaluasi
|
|
|
|
|
Guru mengajukan
pertanyaan selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Guru menilai pengetahuan siswa
|
|
|
|
|
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan data
|
|
|
|
|
Siswa
mendemonstrasikan kemampuan dalam penguasaan konsep
|
|
|
|
|
Guru memberikan
balikan terhadap jawaban siswa
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = Baik sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 =
Kurang
0 komentar
Posting Komentar