Advertise

Selasa, 23 April 2013

Lembar Observasi Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dengan The 5 E Learning Cycle Siklus I


Nama Peneliti              : Bambang Djoko S.                            Nama Observer : ...............................
Materi                          : ...................................................
Hari/tanggal                : ...................................................       Tanda Tangan   : ..............................


Aspek yang Diobservasi
Skor
1
2
3
4
Tahap Pendahuluan




Guru memunculkan masalah yang bertentangan untuk menarik minat siswa




Guru mengajukan pertanyaan untuk memotivasi siswa




Guru menghubungkan apa yang telah diketahui dan dapat dilakukan siswa pada materi yang akan dibahas




Siswa mengemukakan idenya dengan jelas




Tahap Eksplorasi




Guru mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok




Guru bertindak sebagai fasilitator




Percobaan dilakukan secara berkelompok




Kejelasan tujuan percobaan bagi siswa




Kejelasan penggunaan LKS bagi siswa




Siswa melakukan aktivitas hands-on (eksperimen) dengan bimbingan guru




Siswa diberi kebebasan untuk melakukan percobaan dengan caranya sendiri




Siswa mengumpulkan data percobaan




Siswa melakukan diskusi kelompok




Siswa menyimpulkan hasil percobaan




Tahap Eksplanasi




Guru mendorong siswa untuk menjelaskan hasil percobaan dan konsep yang digunakan




Guru mengklarifikasi hasil percobaan berdasarkan data




Guru membimbing siswa melakukan diskusi kelas




Guru menjelaskan konsep, definisi baru




Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hasil percobaan




Siswa mendengarkan penjelasan siswa lain secara kritis




Siswa mengajukan pertanyaan




Konsep baru yang dijelaskan guru dapat diterima siswa




Tahap Elaborasi/Aplikasi




Guru memberikan permasalahan berkaitan dengan penerapan konsep




Guru mendorong siswa untuk menerapkan konsep baru




Guru mendorong siswa untuk menerapkan konsep baru dalam kehidupan sehari-hari




Siswa dapat menerapkan konsep baru dalam situasi baru atau kehidupan sehari-hari




Tahap Evaluasi




Guru mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran




Guru menilai pengetahuan siswa




Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan data




Siswa mendemonstrasikan kemampuan dalam penguasaan konsep




Guru memberikan balikan terhadap jawaban siswa




Jumlah





Keterangan:
4 = Baik sekali
            3 = Baik
            2 = Cukup
            1 = Kurang

0 komentar

Posting Komentar