BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pembelajaran PKn sebenarnya
mempunyai peran yang sangat penting.Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu
membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi
permasalahan yang akan dihadapi.
Selama ini proses
pembelajaran PKn di kls Xa kebanyakan
masih mengunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada
siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah
dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal ( 3DCH ) Sehingga Kegiatan
Belajar Mengajar ( KBM ) menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa.
Kondisi seperti itu tidak akan
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PKn.Akibatnya
nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di kelas Xa
selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab, siswa
yang yang aktif hanya 55 %, dan siswa yang mempunyai kemampuan menjawab 40%
Pada pelaksanaan ujian Blok tgl 3 September 2007, hasil yang dicapai siswa
kls Xa sangat jauh dari memuaskan,dimana
hanya mendapat daya serap kurang dari 60% atau nilai rata-rata kls kurang dari
5, berdasarkan analisis situasi / latar belakang diatas maka penulis
berkeinginan untuk memperbaiki / mengadakan inovasi pembelajaran.
Memperhatikan permasalahan
diatas , sudah selayaknya dalam pengajaran
PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam pembelajaran yang terjadi sebagian besar dilakukan oleh masing-masing
siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan peningkatan pemahaman siswa
melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achiement Division ).
Pembelajaran kooperatif
merupakan suatu pendekatan pengajaran yang efektif dalam pencapaian tujuan
pendidikan , khususnya dalam
Keterampiln Interpersonal siswa (
Badeni, 1998 ). Salah satu pendekatan
pembelajaran koperatif adalah dengan tipe STAD ( Student Team Achiement
Division ) .
Diharapkan melalui
pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD
dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Serta semangat
kebersamaan dan saling membantu dalam menguasai
materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman yang Optimal terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian
ini adalah tindakan apa yang dilakukan guru untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin
bisa menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas.
Dengan merefleksi bersama
antar guru teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut,
yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih
konvensional, dominasi guru dalam kelas dominan (teacher centered strategi).
Oleh karena itu perlu dicari jalan keluar
untuk mengatasi masalah tersebut
Sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif,
kreatif, bisa bekerja sama dan
membangun daya pikir yang optimal. Untuk itu melalui penelitian ini akan dicobakan suatu
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, Keunggulan
dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan
keberhasilan kelompok ter tergantung
keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD
menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling
memotivasi saling membantu dalam
menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Berdasarkan latar belakang
yang telah dikemukakan diatas, masalah
yang perlu dicarikan pemecahannya melalui
penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : ” Apakah pembelajaran
koperatife tipe STAD dapat
Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem
hukum Nasional di Kelas Xa SMA
Negeri ?
B.
PERUMUSAN MASALAH
Model Pembelajaran Koperatif tipe
STAD merupakan pendekatan
Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi
diantara siswa untuk saling
memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai
prestasi yang maksimal.
Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akdemik baru kepada siswa setiap minggu
mengunakan presentasi Verbal atau teks.
Dalam pembelajaran Kooperatife yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawannya
dari Universitas John Hopkins. Tipe ini dipandang sebagai yang paling sederhana
dan paling langsung dari pendekatan pembelajran Kooperatife.
Berdasarkan latar belakang rumusan masalahnya adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
pemahaman siswa pada materi SistemHukum Nasional di kelas Xa SMA Negeri ?
Rumusan masalah
diatas dirinci sebagai berikut :
1.
Apakah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif
Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa mada materi Sistem HukumNasional
di Kelas Xa SMA Negeri ?
2.
Apakah pembelajaran mengunakan metode pembelajaran
koperatife Tipe STAD dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa pada materi
Sistem Hukum Nasional di kelas Xa SMA Negeri ?
C. PEMECAHAN MASALAH
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka alternative cara pemecahan
sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman
siswa pada mata pelajaran PKn melalui
pendekatan Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memperbaiki strategi
pembelajaran.
2.
Untuk mengetahui ada tidaknya hasil peningkatan siswa
dalam pemahaman mata pelajaran PKn, dengan pendekatan kooperatif Tipe STAD
dengan melakukan observasi, lalu merancang evaluasi, situasi belajar dengan
pembentukan kelompok-kelompok belajar. dst
D. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki berbagai masalah yang timbul dalam pembelajaran
PKn di kelas Xa SMA Negeri.
Adapun tujuan secara rinci
sebagai berikut :
1.
Untuk memperbaiki peningkatan pemahaman siswa pada mata
pelajaran PKn dengan mengubah strategi pembelajaran.
2.
Untuk melihat hasil dari strategi pembelajaran dengan
melakukan observasi
E. MANFAAT HASIL
PENELITIAN
Hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat :
1.
Bagi guru dapat terjadi inovasi dalam proses
pembelajaran karena guru akan mengubah paradigma strategi pembelajaran.
2.
Siswa semakin termotivasi untuk meningkatkan pemahaman
mata pelajaran PKn
0 komentar
Posting Komentar