Advertise

Loading...

Sabtu, 20 April 2013

PTK pembelajaran PKn koperatife Tipe STAD Sistem Hukum Nasional di kelas X



BAB  I
PENDAHULUAN
                                                                                                                                        
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting.Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang akan  dihadapi.
Selama ini proses pembelajaran  PKn di kls Xa kebanyakan masih mengunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal ( 3DCH ) Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan  meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PKn.Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di kelas Xa selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab, siswa yang yang aktif hanya 55 %, dan siswa yang mempunyai kemampuan menjawab  40%   Pada pelaksanaan ujian Blok tgl 3 September 2007, hasil yang dicapai siswa kls Xa  sangat jauh dari memuaskan,dimana hanya mendapat daya serap kurang dari 60% atau nilai rata-rata kls kurang dari 5, berdasarkan analisis situasi / latar belakang diatas maka penulis berkeinginan untuk memperbaiki / mengadakan inovasi pembelajaran.
Memperhatikan permasalahan diatas , sudah selayaknya dalam         pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam pembelajaran yang  terjadi sebagian besar dilakukan oleh masing-masing siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achiement Division ).
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pendekatan pengajaran         yang efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan , khususnya dalam          Keterampiln Interpersonal siswa  ( Badeni, 1998 ). Salah satu pendekatan  pembelajaran koperatif adalah dengan tipe STAD ( Student Team Achiement Division ) .
Diharapkan melalui pembelajaran kooperatif  dengan tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Serta semangat kebersamaan  dan saling membantu dalam menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman  yang Optimal terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian ini  adalah  tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas.
Dengan merefleksi bersama antar guru teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut, yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional, dominasi guru dalam kelas dominan (teacher  centered strategi).
 Oleh karena itu perlu dicari jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut         Sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, kreatif,         bisa bekerja sama dan membangun daya pikir yang optimal. Untuk itu melalui       penelitian ini akan dicobakan suatu metode pembelajaran  kooperatif tipe STAD,       Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD  adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok ter     tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa      menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD       menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi      saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas, masalah       yang perlu dicarikan pemecahannya melalui penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : ” Apakah pembelajaran koperatife tipe STAD dapat        Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem hukum        Nasional di Kelas Xa SMA Negeri ?
  
B. PERUMUSAN   MASALAH
Model Pembelajaran Koperatif  tipe STAD merupakan pendekatan              Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara              siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akdemik baru               kepada siswa setiap minggu mengunakan presentasi Verbal atau teks.
Dalam pembelajaran Kooperatife yang dikembangkan oleh               Robert Slavin dan kawan-kawannya dari Universitas John Hopkins. Tipe ini dipandang sebagai yang paling sederhana dan paling langsung dari pendekatan pembelajran Kooperatife.
Berdasarkan latar belakang rumusan masalahnya adalah apakah               pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe               STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi SistemHukum               Nasional di kelas Xa SMA Negeri ?
Rumusan masalah diatas dirinci sebagai berikut :

1.      Apakah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa mada materi Sistem HukumNasional di Kelas Xa SMA Negeri ?

2.      Apakah pembelajaran mengunakan metode pembelajaran koperatife Tipe STAD dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa pada materi Sistem Hukum Nasional di kelas Xa SMA Negeri ?
C. PEMECAHAN  MASALAH
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka alternative cara pemecahan sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran  PKn melalui pendekatan Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memperbaiki strategi pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui ada tidaknya hasil peningkatan siswa dalam pemahaman mata pelajaran PKn, dengan pendekatan kooperatif Tipe STAD dengan melakukan observasi, lalu merancang evaluasi, situasi belajar dengan pembentukan kelompok-kelompok belajar. dst

D. TUJUAN  PENELITIAN
Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki berbagai masalah yang                   timbul dalam pembelajaran PKn di kelas Xa SMA Negeri.
                  Adapun tujuan secara rinci sebagai berikut :
1.      Untuk memperbaiki peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn dengan mengubah strategi pembelajaran.
2.      Untuk melihat hasil dari strategi pembelajaran dengan melakukan observasi

E. MANFAAT  HASIL  PENELITIAN
Hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat :
1.      Bagi guru dapat terjadi inovasi dalam proses pembelajaran karena guru akan mengubah paradigma strategi pembelajaran.
2.      Siswa semakin termotivasi untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran PKn

0 komentar

Poskan Komentar