Advertise

Minggu, 07 April 2013

LATIHAN SOAL UPM




                                                                   

                                      Mata Ujian                    : Pengembangan Sistem Pembelajaran
                                                Jenjang Studi               : S-2
                                                Hari/Tanggal               
                                                Waktu                           : 14.00 – 16.00
                                                Program Studi             : Teknologi Pembelajaran

==========================================================================
Kerjakan soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.

  1. Berilah penjelasan saudara bahwa rancangan sistem pembelajaran berbeda dengan pengajaran tradisional, sertakan contoh kongkrit dari masing-masing pembelajaran tersebut !
  2. Sebutkan langkah-langkah penyusunan / rancangan sistem pengajaran Walter Dick dan Lou Carey,
Berilah penjelasan dari setiap langkah tersebut !
  1. Ambillah suatu pokok bahasan / sub pokok bahasan dari bidang studi saudara mengajar, analisislah
Ketrampilan-ketrampilan sub ordinat tersebut,apakah yang saudara temukan (apakah melalui analisa
hierarki, analisa prosedural atau analisa campuran) !
  1. Dari temuan analisis pengajaran dari ketrampilan sub ordinat, buatlah Tujuan Khusus Pengajaran
(Terminal Objective) sesuai dengan Walter Dick dan Lou Carey untuk satu kali tatap muka !
  1. Dari penyusunan Tujuan Khusus Pengajaran (Terminal Objective) yang saudara susun, kembangkanlah         
bagaimana siasat pengajaran yang saudara lakukan dalam penyampaian materi di kelas !

                                                       SELAMAT MENGERJAKAN
    





























                                                                   

                                      Mata Ujian                    : Metodologi Penelitian
                                                Jenjang Studi               : S-2
                                                Hari/Tanggal               
                                                Waktu                           : 16.00 – 18.00
                                                Program Studi             : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Kerjakan soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.

Jawablah pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang tersedia !

1.      Penelitian menurut pendekatannya dapat dikelompokkan menjadi penelitian :
a.       Survey
b.       Ex post facto
c.       Eksperimen
d.       Naturalistik
e.       Action Research
Jelaskan dari masing-masing pendekatan di atas !
2.      Menurut hubungan anatara satu variabel dengan variabel yang lain,maka macam variabel dalam penelitian dapat dibedakan menjadi :
a.       Variabel Independen
b.       Variabel Moderator
c.       Variabel Inter Vening
d.       Variabel Kontrol
Jelaskan dari variabel-variabel di atas !
3.      Skala pengukuran merupakan seperangkat aturan yang diperlukan untuk mengkuantitatifkan data dari Pengukuran suatu variabel. Macam-macam skala pengukuran dapat berupa :
a.       Skala Nominal
b.       Skala Ordinal
c.       Skala interval
d.       Skala Ratio
Jelaskan macam skala pengukuran di atas dan beri contohnya !
4.      Buatlah kerangka laporan hasil penelitian :
a.       Kualitatif
b.       Kuantitatif
c.       Pengembangan
Jelaskan persamaan dan perbedaan dari ketiga contoh di atas !
5.      Dalam suatu penelitian anda mengenal Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian.
Jelaskan yang dimaksud Validitas dan Realiabilitas tersebut !

SELAMAT MENGERJAKAN





   
                                                                   

                                      Mata Ujian                    : Media Interaktif Pembelajaran
                                                Jenjang Studi               : S-2
                                                Hari/Tanggal               
                                                Waktu                           : 14.00 – 16.00
                                                Program Studi             : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Kerjakan soal di bawah ini pada lembar jawaban yang disediakan.

1. Pengelompokan dan pengadaan media
  1. Bagaimanakah klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz ?
  2. Bagaiamanakah cara pengadaan media menurut Yusuf Hadimiarso ? Jelaskan dan berikan contoh riilnya.
  3. Bagaimanakah ciri-ciri media yang diadakan menurut cara-cara tersebut di atas ?
2. Pengertian Media Interaktif:
  1. Apakah yang dimaksud dengan media interaktif f?
  2. Syarat apakah yang harus dipenuhi agar suatu media dikatakan interaktif ?
  3. Berikan contoh media pembelajaran yang interaktif yang digunakan di sekolah !
3. Interaksi manusia dengan komputer
  1. Faktor manusia memegang peran yang penting dalam interaksi manusia dengan komputer.
Jelaskan dengan memberikan contoh riil bahwa faktor-faktor berikut ini memegang peranan yang penting:
1)       Penglihatan
2)       Pendengaran
3)       Sentuhan
4)       Pemodelan sistem pengolahan
5)       Pengendalian motorik
  1. Jelaskan maksud piranti interaktif berikut ini:
1)       Joystick
2)       Trackball
3)       Digitizing Tablet
4)       Pena Cahaya
5)       Panel Sensitif Sentuhan
4. Desain Media Interaktif
  1. Pembuatan media yang interaktif memerlukan desain yang tepat, meliputi desain informasi, desain interaksi dan desain presentasi. Jelaskan pengertian masing-masing desain.
  2. Buatlah contoh sebuah desain informasi dan desain interaksi. (Tema bebas).
6.      Pemanfaatan media interaktif:
a.       Berikan contoh situs yang menawarkan media pembelajaran yang interaktif serta produk yang
ditawarkannya !
b.       Syarat apakah yang harus dipenuhi agar media tersebut bisa dioperasikan ?
c.       Syarat apakah yang harus dipenuhi seorang guru dalam posisi ini ?



SELAMAT MENGERJAKAN





















                                                                   

                                      Mata Ujian                    : Strategi Kognitif
                                                Jenjang Studi               : S-2
                                                Hari/Tanggal               
                                                Waktu                           : 16.00 – 18.00
                                                Program Studi             : Teknologi Pembelajaran
==========================================================================
Jawablah pertanyaan berikut pada lembar jawaban yang tersedia !

Soal :

  1. Penggunaan strategi kognitif akan memberikan kontribusi yang berharga bagi peningkatan kualitas pembelajaran.
    1. Jelaskan manfaat penggunaan startegi kognitif dalam proses belajar siswa !
    2. Jelaskan perbedaan antara strategi kognitif dengan intelektual skill,masing-masing
            disertai contoh !
  1. Menurut teori model memori Atkinson danShirin penggunaan strategi kognitif dimaksudkan
Untuk meningkatkan kinerja memori individu.
    1. Uraikan siklus peristiwa pembelajaran berdasarkan teori model memori Atkinson & Shiffrin !
    2. Jelaskan upaya guru untuk mengurangi kehilangan informasi dalam peristiwa pembelajaran menurut model memori Atkinson dan Shiffrin !
  1. Penggunaan strategi Chunking bagi guru dapat membantunya untuk meningkatkan kualitas sajian materi pembelajaran.
    1. Jelaskan manfaat penggunaan strategi Chunking bagi pembelajaran siswa di kelas ?
    2. Berikan contoh penggunaan strategi Chunking pada materi pembelajaran Anda ?
  2. Penggunaan strategi spatial untuk menyusun materi pembelajaran, dipandang lebih efisien.
    1. Jelaskan alasannya, mengapa bisa terjadi ?
    2. Berikan contoh penggunaan strategi spatial pada materi pembelajaran Anda ?
  3. Dalam kawasan kognisi, konsep imajinasi dan konsep imajeri merupakan dua hal yang berbeda.
    1. Jelaskan perbedaan antara konsep imajinasi dengan konsep imajeri dalam peristiwa belajar siswa?
    2. Jelaskan manfaat imajeri bagi sejarahwan ?



     
SEMOGA SUKSES
















PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN

    1. Dr berbagai model desain instrksl slh satunya pengemb. Stem dick n carey identifikasikan dan diskripsikan bgmn kecocokannya jika mdl desain instrksl tsbt digunakan dlm persklhn di Indo. Yg saat ini diterapkan kuriklm KBK !
    2. Pernyataan sklh/madrasah mengembangkan kuriklum dgn melibatkn pihak terkait berpedoman pd panduan penyusunan krklm yg disusun BSNP sebutkn dan uraikan tgsnya bbrp pihak yg terlibat dlm pernyataan diatas!
    3. Sbg pendidik tulislah lngkh2 dlm menyusun rpp sesuai dgn bdng studi keahlian anda utk 1 sub pokok bahasan dgn alokasi wkt 15 mnt bndgkn langkah2 prosedural tsb dgn menggunakan model dick n carey!
    4. Uraikan scr rinci blrj dpt dipandang sbg upy sadar seseorang utk memperoleh perubahan perilaku scr keseluruhn baik kognitif, afektf, pskmtr!


METODOLOGI PENELITIAN

1.            Dlm kompleks pnltn ilmu sosial/pnddkn  relationship antr variabel mrpkn hl yg sangt penting oleh krn itu dlm hubungn kausalta tsb sesuai dgn pnddknny! Variabel dlm pnltn dpt dibedakan menjd
a) vrabel independent
b) Vrbl moderator
c) Vrbl interplaning
d) vrbl control jlskn dr vrbel diatas dn beri cnth mdl relationship!
2.            Dr klpk sisw SMA jrsn sosial budaya seorang peneliti memilih 60 siswa scr acak dan dibagi menjd 2 klmpk scr acak pula 30 ssw mrpkn klmpk A menggunkn kurklm jursn sos bud tradisional 30 ssw lainnya yaitu klmpk B menggnkn prgrm yg dirancang utk etnis tertentu pd akhir semester kedua klmpk tsb dibandingkn mengunakan skala yg dirancang utk mengetahui sikap terhdp klmpk etnis dlm studi itu sbtkn
a) vrbl bebas
b) vrbl terkaitnya
c) klmpk pengendalinya
d) klmpk eksperimennya
e) metd utk mengendalikn perbedaan diantara kedua klmpk tsb
f) desain penelitian yg digunakan!
3.            1.Buat kerangka laporn hsl penltn
a) kualitatif
b) kuantitatif
c) pengembangan jelaskan persamaan dan perbedaan ketiga contoh diatas!
      
 2.     Buatlah suatu narasi mengenai kasus penelitian sesuai dgn proposal yg akn anda buat dn uraikan mengenai
a) latar belakng
b) msalh/fokus pnltn
c) metode pnlt berikan penjelasan masing-masing


STRATEGI KOGNITIF
1.   a.   Definisikan strtg kgnf menurut pemahaman anda dan beri penjelasan!
      b.   Terangkn strtg kgntf Shirin dan Atkinson disertai penjelasn dgn peristw pembljrn di dlm kls
2.   a.   Jlskn penggunaan konsp objk superefek dlm pengembngn materi pembljrn yg anda ampu
      b.   Lakukan analisis keuntungan yg diperoleh bila anda menggunakan konsep tersebut dlm pembljr.
3.   a.   Jlskn mekanisme asimilasi dan akomodasi dlm prstw pembljrn teori Piaget terangkn proses pengembangn kgntf ......
4.   a.   Terngkn paradigma strtg kgntf mnrt pemhmn
      b.   Jlskn manfaat yg diperoleh bila guru menggnkn  stg kgnf dlm pembljrn
5.   a.   Mengapa strtg Frames dipandang lebih efisien bila dibandingkn dgng strtg yg lain jlskn alasannya!
      b.   Berikn conth penggunaan strg Nemonik pd mata pljrn yg anda bina

1 komentar

KLASTER TIMUR 8 April 2013 17.33

Teman teman yg punya variasi lain mohon di share juga, trims

Posting Komentar