Advertise

Sabtu, 20 April 2013

Pengukuran dan Instrumen Penelitian Pendidikan



 

PENGUKURAN DAN INSTRUMEN



Ilmu Pendidikan berkomunikasi dengan realitas melalui konsep-konsep, sehingga apabila konsep,  baik tunggal maupun yang berhubungan, mau diteliti maka diperlukan operasionalisasi agar konsep/variabel yang menjadi fokus perhatian dapat diamati dan diobservasi, sesuatu yang dapat diobservasi, baik secara langsung ataupun tidak langsung, juga bermakna dapat diukur (Measurable), oleh karena itu pengukuran menjadi penting dalam kaitannya dengan penelitian khususnya penelitian kuantitatif.
Pengukuran tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab memerlukan keterkaitan/keselarasan antara konsep dengan pelaksanaan penelitian serta kehati-hatian terhadap kesalahan pengukuran (Measurement error) yang dapat menjadi ancaman bagi keabsahan suatu penelitian. Dalam suatu penelitian sosial, menurut Sofian Effendi, proses pengukuran adalah rangkaian dari empat aktivitas, yakni :
1.        menentukan dimensi konsep penelitian
2.        rumusan ukuran untuk masing-masing dimensi (pertanyaan- pertanyaan yang relevan dengan dimensi)
3.        tentukan tingkat ukuran yang akan digunakan (Nominal, Ordinal, Interval, Rasio)
4.        tentukan tingkat kesahihan dan keajegan  dari alat pengukur
dst. DOWNLOAD

0 komentar

Poskan Komentar