Advertise

Kamis, 14 Agustus 2014

PANDUAN Bridging Course (matrikulasi) MAPEL IPA Kurikulum 2013




1.        Bridging Course dapat diintegrasikan dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan selama Masa Orientasi Siswa (MOS). Dalam pola ini BC merupakan salah satu kegiatan MOS. Waktu khusus dialokasikan setiap hari selama MOS berlangsung. Banyaknya waktu yang dialokasikan sangat tergantung pada tingkat kesiapan peserta didik baru mengikuti pelajaran di SMP (yang dapat diketahui melalui pre-tes) dan waktu keseluruhan yang dimiliki untuk MOS.
2.        Bridging Course dapat dilakukan secara intensif pada periode waktu tertentu, misalnya selama satu minggu atau lebih (enam hari atau lebih berturut-turut) sebelum atau sesudah MOS (di awal tahun pelajaran). Semua waktu pada periode tersebut dijadwalkan untuk BC. Lama penyelenggaraan (banyaknya hari yang dialokasikan) sangat tergantung pada tingkat kesiapan peserta didik baru mengikuti pelajaran di SMP (yang dapat diketahui melalui pre-tes) dan kalender akademik sekolah.
3.        Bridging Course dapat diberikan dalam bentuk pelajaran tambahan setelah pelajaran berakhir  setiap hari pada awal tahun pelajaran baru selama jangka waktu tertentu. Setiap hari atau setiap dua hari sekali peserta didik diberi pelajaran tambahan selama dua jam pelajaran atau lebih. Lama penyelenggaraan (banyaknya jam dan hari yang dialokasikan) sangat tergantung pada tingkat kesiapan peserta didik baru mengikuti pelajaran di SMP (yang dapat diketahui melalui pre-tes). Dalam pola ini BC dapat diberikan selama satu, dua, atau lebih pada bulan-bulan awal semester satu kelas VII.

0 komentar

Poskan Komentar