Guru : - Hasil belajar sains selalu rendah
Kepala Sekolah : Pengawas Sekolah : - Kinerja Kepala Sekolah rendah
| Contoh Guru : - Kelas selalu tenang jika pelajaran sains, kelihatannya para siswa memperhatikan namun jika dilontarkan pertanyaan tidak ada satupun siswa yang berani menjawab
- Keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang diajarkan tidak ada sama sekali, sehingga kelas menjadi pasif
- Siswa kurang memahami materi yang disajikan, sehingga jika ada pertanyaan yang diajukan maka jawabannya kurang sesuai
- Nilai ulangan sains tidak memuaskan, selalu di bawah rata-rata
- Jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan siswa tidak lulus pada ujian akhir sekolah
- Cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan cara pembelajaran lain sehingga siswa dapat terlibat aktif dan dapat memahami materi dengan baik, bukan hanya secara teoritis saja
| Contoh Guru : - Metode pembelajaran sains yang dilaksanakan kurang sesuai, tidak dapat mengajak siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran
- Pembelajaran kebanyakan secara teoritis
- Program pembelajaran kurang sesuai
- Hasil belajar tidak memenuhi kriteria di kurikulum
- Tidak ada alat peraga pembelajaran
- LKS yang digunakan tidak sesuai dengan program pembelajaran
- Penataan siswa dalam kelas kurang baik, siswa yang pandai hanya berkelompok dengan yang pandai sehingga tidak membaur
- Guru kurang menarik saat melaksanakan pembelajaran, misal : suara kurang jelas sehingga tidak terdengar sampai siswa yang paling belakang, terlalu cepat saat menerangkan, menjawab pertanyaan siswa tidak jelas sehingga siswa semakin bingung
|
0 komentar
Posting Komentar