Fase | Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
---|---|---|
1 | Memberikan orientasi tentang permasalahannya pada pebelajar | § Pembelajar menjelaskan tujuan pembelajaran, |
§ Pembelajar mendeskripsikan berbagai kebutuhan logistik penting. | ||
§ Pembelajar memotivasi pebelajar untuk terlibat dalam kegiatan mengatasi masalah baik secara kelompok maupun individu. | ||
§ Pembelajar menyampaikan langkah pembelajaran. | ||
§ Pembelajar menyampaikan masalah (dalam tugas pada setiap modul) yang akan dibahas dengan kelompok yang beranggotakan 4-5 orang pebelajar.Permasalahan yang diberikan disesuaikan dengan pokok bahasan yang disajikan pada setiap modul. | ||
2 | Mengorganisasi pebelajar untuk meneliti | § Pembelajar membantu pebelajar untuk mendifinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang terkait dengan permasalahannya. |
§ Pebelajar melakukan aktivitas mencermati permasalahan yang diberikan pada setiap modul. | ||
§ Pebelajar menyusun strategi pemecahan masalah, | ||
§ Pebelajar melakukan pembagian tugas pencarian informasi untuk penyelesaian masalah yang diajukan pembelajar di internet. | ||
3 | Membantu investigasi mandiri dan kelompok | § Pembelajar mendorong pebelajar untuk mendapatkan informasi yang tepat dalam melaksanakan eksperimen, mencari penjelasan, dan solusi pemecahan masalah. |
§ Pembelajar membantu pebelajar dalam kegiatan ivestigasi dengan kelompoknya | ||
§ Pebelajar melakukan aktivitas kelompok dan individu sesuai dengan strategi pemecahan yang tetapkan dengan kelompoknya | ||
§ Pebelajar melakukan kegiatan bertanya dengan teman kelompok maupun pembelajar apabila ada sesuatu yang belum jelas/belum dimengerti. | ||
4 | Mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit | § Pembelajar membantu pebelajar dalam merencanakan dan menyiapkan artefak-artefak yang tepat (seperti laporan, rekaman video, dan model-model) dalam menyampaikan hasil yang diperoleh dalam penyelesaian masalah kepada kelompok lain. |
§ Pebelajar menyajikan hasil temuan dalam menyelesaikan masalah dalam forum diskusi. | ||
§ Pebelajar menyusun laporan. | ||
5 | Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah | § Pembelajar membantu pebelajar untuk melakukan refleksi terhadap investigasinya dan proses-proses yang pebelajar gunakan |
§ Pebelajar menyerahkan laporan hasil pemecahan masalah secara kelompok dan individu secara tertulis (portopolio) |
Senin, 23 September 2013
Skenario Rancangan Perlakuan Strategi Pembelajaran PBL tanpa berbantuan internet Pak Noor Fatirul UNIPA Surabaya
Diposting oleh
Pak Bambang
di
18.54
0 komentar
Posting Komentar