Advertise

Senin, 23 September 2013

Skenario Rancangan Perlakuan Strategi Pembelajaran PBL tanpa berbantuan internet Pak Noor Fatirul UNIPA Surabaya


FaseLangkah PembelajaranKegiatan Pembelajaran
1Memberikan orientasi tentang permasalahannya pada pebelajar§ Pembelajar menjelaskan tujuan pembelajaran,
§ Pembelajar mendeskripsikan berbagai kebutuhan logistik penting.
§ Pembelajar memotivasi pebelajar untuk terlibat dalam kegiatan mengatasi masalah baik secara kelompok maupun individu.
§ Pembelajar menyampaikan langkah pembelajaran.
§ Pembelajar menyampaikan masalah (dalam tugas pada setiap modul) yang akan dibahas dengan kelompok yang beranggotakan 4-5 orang pebelajar.Permasalahan yang diberikan disesuaikan dengan pokok bahasan yang disajikan pada setiap modul.
2Mengorganisasi pebelajar untuk meneliti§ Pembelajar membantu pebelajar untuk mendifinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang terkait dengan permasalahannya.
§ Pebelajar melakukan aktivitas mencermati permasalahan yang diberikan pada setiap modul.
§ Pebelajar menyusun strategi pemecahan masalah,
§ Pebelajar melakukan pembagian tugas pencarian informasi untuk penyelesaian masalah yang diajukan pembelajar di internet.
3Membantu investigasi mandiri dan kelompok§ Pembelajar mendorong pebelajar untuk mendapatkan informasi yang tepat dalam melaksanakan eksperimen, mencari penjelasan, dan solusi pemecahan masalah.
§ Pembelajar membantu pebelajar dalam kegiatan ivestigasi dengan kelompoknya
§ Pebelajar melakukan aktivitas kelompok dan individu sesuai dengan strategi pemecahan yang tetapkan dengan kelompoknya
§ Pebelajar melakukan kegiatan bertanya dengan teman kelompok maupun pembelajar apabila ada sesuatu yang belum jelas/belum dimengerti.
4Mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit§ Pembelajar membantu pebelajar dalam merencanakan dan menyiapkan artefak-artefak yang tepat (seperti laporan, rekaman video, dan model-model) dalam menyampaikan hasil yang diperoleh dalam penyelesaian masalah kepada kelompok lain.
§ Pebelajar menyajikan hasil temuan dalam menyelesaikan masalah dalam forum diskusi.
§ Pebelajar menyusun laporan.
5Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah§ Pembelajar membantu pebelajar untuk melakukan refleksi terhadap investigasinya dan proses-proses yang pebelajar gunakan
§ Pebelajar menyerahkan laporan hasil pemecahan masalah secara kelompok dan individu secara tertulis (portopolio)

0 komentar

Posting Komentar